Jumat, 25 September 2015

Refleksi Diri


Coba perhatikan gambar diatas, apa yang anda lihat? Pertama kali ketika saya mendapat tebak-tebakan ini jawaban saya adalah sebuah titik hitam.
Kenapa saya menjawab titik hitam? Itu karena saya fokus pada satu titik itu.. bukan pada bidang putih yang mengelilinginya.
Sama seperti apa saya rasakan beberapa waktu yang lalu.. terkadang, kita hanya mengeluhkan masalah dan ujian yang menimpa kita, fokus terhadap hal-hal yang kurang mengenakkan di mata kita tanpa pernah berfikir bahwasanya nikmat dan karunia-Nya sungguh terlampau banyak jika dibandingkan dengan ujian yang kita alami.
Lelah itu manusiawi memang, terkadang merasa bahwa apa yang kita kerjakan dan usahakan secara maksimal tak kunjung berbuah hasil.. padahal disitu Allah menyelipkan hikmah : sebuah kesabaran J
Terkadang merasa bahwa tak satupun orang menghargai segala jerih payah kita, memandang apa yang kita kerjakan dengan sebelah mata.. atau hal yang kurang mengenakkan lainnya. Saat itu kita lupa bahwa penilaian manusia tidak ada apa-apanya jika dibandingkan penilaian dari-Nya, disitu kita harus belajar tentang keikhlasan

Sabar dan Ikhlas
Mudah dituliskan namun sangat susah untuk diimplementasikan. Tetapi susah bukan berarti tidak bisa toh. Intinya, kuat tidaknya menghadapi beban dan ujian yang diberikan sangat bergantung kepada kondisi spiritualitas kita, trust me.. Perbaiki kualitas ibadah, mendekatlah kepada-Nya. Minta.. mintalah dan berdoa hanya pada Allah. Semoga senantiasa dikuatkan dalam segala urusan kita.

 


0 komentar:

Posting Komentar