Kamis, 03 September 2015

Menikmati gurihnya Bonggolan : Diversifikasi olahan daging ikan menjadi jajanan sehat khas pesisir Gresik








Bonggolan, berasal dari Bahasa jawa bonggol yang berarti identik dengan sesuatu yang menonjol, seperti bentuk dari makanan khas kota gresik yang satu ini. Jika Palembang terkenal dengan pempek, maka gresik mempunyai jajanan yang tak kalah lezat, Bonggolan. Seperti namanya, bentuk makanan ini lonjong  berwarna putih dibungkus daun pisang. Soal rasa? Tidak perlu diragukan lagi, gurih seru!. Banyak cara untuk menikmati lezatnya bonggolan ini, ada yang langsung dimakan atau digoreng terlebih dahulu. Biasanya bonggolan ini dimakan dengan saus taucho atau sambal, tergantung selera kita masing-masing. 

Makanan ini berasal dari kecamatan sedayu – gresik yang kini menjadi oleh-oleh khas kota gresik. Sebagian besar penduduk di daerah pesisir utara gresik, tepatnya di kabupaten sedayu bekerja sebagai nelayan/ petani tambak. Ketidakpastian hasil penjualan ikan, membuat masyarakat nelayan memutar otak agar tidak mengalami kerugian. Sehingga muncul ide untuk mengolah kembali ikan yang mereka jual.  Bermula dari coba-coba, akhirnya jadilah bonggolan yang bisa kita temui saat ini. Prospek  jajanan ini begitu menguntungkan, karena rasanya yang khas, gurih dan kenyal membuat banyak orang menjadi penggemarnya.

Proses pembuatan bonggolan tidaklah rumit. Bahan baku utamanya adalah daging ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung kanji, bawang putih dan garam. Ikan yang digunakan bisa bervariasi seperti kakap, tenggiri, bandeng, udang, dan lainnya. Cara membuatnya cukup mudah, bawang putih serta garam dihaluskan dan  dicampur dengan kanji.  Setelah itu masukkan air panas secukupnya sambil diuleni. Jika masih lembek tambahi lagi kanjinya dan uleni hingga halus.  Terakhir bentuk seperti lontong dan bungkus dengan daun pisang, lalu kukus hingga matang. Karena sebagian besar bahan bakunya adalah ikan, jajanan ini mengandung protein hewani yang tinggi. Proses pembuatan jajanan ini bebas dari pengawet dan msg, sehingga aman dikonsumsi oleh semua kalangan. Di tengah serbuan junk food yang merajalela dan menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat kita saat ini, bonggolan muncul menjadi salah satu alternatif pilihan jajanan sehat yang bisa diterima oleh masyarakat.

Melihat berbagai keunikan serta keunggulannya, jajanan ini mempunyai prospek yang cerah. Dengan membuat brand sebagai jajanan tradisional yang sehat dan memperbaiki packaging agar terlihat lebih eksklusif serta strategi pemasaran yang baik, bisa jadi kelak bonggolan khas gresik ini akan mejeng di rak-rak supermarket dan tersebar luas di wilayah Indonesia. (/far)

0 komentar:

Posting Komentar