Selasa, 12 April 2016

Inspirasi kecil dari sudut kelas

Tidak terasa tepat setahun mengabdi di kampus ini.. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya (ITATS) jurusan Teknik Perkapalan, sebuah institut teknik yang orang-orang bilang 'adiknya - ITS' karena dosen-dosennya kebanyakan alumni ITS. Banyak hal yang sudah saya lalui .. suka-duka selama setahun ini menjadi catatan tersendiri di hati saya. Teringat saat pertama kali mengajar di kelas angkatan atas, saat itu salah seorang mahasiswa mengira saya adalah mahasiswa transferan dari kampus lain. Agak bete' tapi tetap bersyukur berati saya masih terlihat muda.

Mahasiswa saya kebanyakan memang sudah bekerja, pekerjaannya juga macam-macam.. ada yang memang berhubungan dengan perkapalan seperti drafter, welder, ada juga pekerjaan berat yang sama sekali tidak ada hubungannya sama sekali dengan kapal. Hal pertama yang selalu saya tekankan kepada mereka adalah tentang niat kuliah, jadikanlah tujuan utama kalian untuk mencari ilmu.. bukan hanya untuk kenaikkan pangkat atau lainnya, supaya ilmu yang didapat menjadi berkah dan bermanfaat

Bukan hanya mereka yang belajar kepada saya melalui mata kuliah yang saya ajarkan, saya pun belajar dari mereka. Hal yang diam-diam saya kagumi adalah tentang posisi mereka sebagai pekerja sekaligus mahasiswa, bahkan beberapa juga sudah menjadi suami dan ayah, serta ada keluarga di kampung yang harus mereka beri nafkah. Diam-diam saya kagum tentang kegigihan mereka untuk terus belajar dan berusaha untuk merubah nasibnya menjadi lebih baik. Walaupun terkadang ada yang sampai 'tepar' ketika saya menjelaskan di kelas, ketika saya tanya dengan polos dan jujurnya dia menjawab "Maaf bu, saya benar-benar capek bekerja".

Sejauh ini saya merasa nyaman berada disini, bersama dengan dosen-dosen lainnya yang rata-rata memang masih muda - bersemangat dan mempunyai misi yang sama untuk menjadikan jurusan ini menjadi lebih baik dari segala aspek.. terutama kemahasiswaannya. Alhamdulillah tahun ini Himpunan mahasiswa sudah terbentuk, dan ada juga tim IHC (ITATS Hydromodelling Club) yang akan mengikuti lomba Eco Solar Boat Competition, dan beberapa mahasiswa juga sedang persiapan mengikuti Lomba Karya Tulis Maritim.

Dimana kaki dipijak, disitulah saya akan memberikan yang terbaik, karena menjadi dosen sudah menjadi cita-cita saya, memberikan ilmu yang insyaallah bermanfaat bagi sesama.


Pict. Suasana presentasi tugas di Lab. Hidro












0 komentar:

Posting Komentar